Froze in Mt. Prau

… berkeliaran di Dieng pun sudah di lakukan. Saatnya lanjut ke tujuan utama!

Perut mulai keroncongan, gak bisa ditahan lagi. Supir bis langsung mengantarkan kami menuju basecamp pendakian Gunung Prau, melalui jalur Patak Banteng. Banyak rumah warga yang berdiri di sekitar basecamp. Banyak juga kebun yang bertebaran di sekelilingnya, khususnya buah Carica, buah khas yang di tanam di Dieng.

IMG-20150805-WA0088

Memutuskan untuk istirahat sejenak di basecamp sambil mencari makanan yang cocok untuk sarapan. Nah! Ada Mie Ongklok Wonosobo yang dijual oleh warga sekitar tepat di belakang basecamp. Mie ini terbilang unik penyajiannyanya. Disajikan dengan beberapa tusuk sate serta ditaburi dengan serbuk gurih membuat sajian Mie Ongklok semakin mantap.

Kenyang sudah. Setelah bersih-bersih juga, kami kembali ke basecamp untuk siap-siap menanjak. Ada hal yang mengejutkan pada saat saya kembali ke basecamp. Saya melihat ada seorang bayi yang tenang duduk disebelah orang tuanya. Saya kaget, apakah anak ini ikut menanjak?

Namanya Faisal. Dia baru berusia 18 bulan. Saya sangat salut, terutama pada orangtuanya. Mereka berani membawa buah hati mereka untuk melakukan kegiatan yang cukup ekstrim seperti ini. Give applause for Faisal………

Dan kami pun mulai menanjak. Pada awal perjalanan kami harus menaikki beberapa anak tangga yang terbuat dari beton. Saat itu napas saya tidak terkendali. Salah satu hal yang penting dalam mendaki yaitu pengaturan napas. Sedikit saja salah mengatur pernapasan kita sendiri, maka kita akan merasakan cepat lelah bahkan bisa sampai sesak napas.

Pos I kami lewati. Karna pada saat itu sudah musim kemarau, kondisi jalur pendakian Gunung Prau cukup kering dan berdebu. Masker sangat dibutuhkan saat itu. Tiba lah kami di Pos II, Canggal Walangan.

Jpeg

Kebersamaan yang menghilangkan rasa lelah kami
View indah yang mulai terlihat.

Lanjut lagi perjalanan. Kondisi jalur pendakian mulai ekstrim. Menanjak, berdebu, curam, dan harus ekstra hati-hati. Itulah sebabnya saya gak terlalu banyak foto, tapi lumayan ada yang fotoin.

Akhirnya sampai juga di puncak Gunung Prau. Kala itu cuaca agak tidak bersahabat. Tiba-tiba mendung dan berangin, jadi yang terlihat hanyalah hamparan ombak awan dan gundukan debu berterbangan. Rasa lega tiba di puncak terbayar sudah dengan view yang ada. Setelah kami menemukan lokasi untuk berkemah, karna hanya ada saya dan teman saya yang perempuan, jadi kami berdua disuruh masak. Hiks. Selesai makan, waktu itu sore menjelang malam, kami berkeliling mengabadikan momen yang jarang kami temukan dalam kehidupan kami sehari-hari. Waktu itu belum terlalu banyak pendaki yang berkemah.

Jpeg
Ombak awan seolah ingin menghapus puncak Gunung Prau

JpegJpeg

Malam pun tiba dan suhu sudah mulai menurun. Mulai terasa dingin. Sebelum akhirnya kami bergegas tidur, seduh wedang jahe emang paling pas. Tubuh rasanya jadi lebih hangat walau hanya untuk sementara. Semakin larut mala, saya gak bisa menahan rasa dingin yang begitu sangat. Udah pake windbreaker jacket, udah pake slepping bag, sampe peluk-pelukan sama temen perempuan saya satu tenda,tidak mengurangi rasa dingin sedikit pun.

Malam itu dikabarkan bahwa suhu mencapai 6’C. Bayangkan saja seberapa dingin malam itu. Saya terpaksa tidur dengan keresahan. Saya tidak bisa tidur nyenyak. Apakabarnya si Faisal?

Malam membeku pun berlalu, kami bangun sebelum sang fajar mulai menampakkan dirinya. Yang bikin saya tercengang saat saya keluar dari tenda, seluruh lahan di puncak Gunung Prau sudah ditutupi oleh puluhan tenda yang berdiri. Luar biasa! Sayangnya, waktu itu si fajar terbitnya kurang terlalu bagus.

Ekspedisi pun berakhir di tanggal 02 Agustus 2015. Kami mulai mempersiapkan barang-barang kami, berkemas-kemas dan gulung tenda untuk segera pulang. Sepanjang perjalanan menuruni gunung menuju Dieng, betapa saya bersyukur kepada Tuhan atas arsitekturNya yang begitu indah. Saya juga bangga menjadi bagian dari warga Indonesia, yang mempunyai negara seindah ini. See yaa genksss!!

This slideshow requires JavaScript.