7 Destinasi Wisata pada Rupiah Baru yang Wajib Kamu Kunjungi!

Baru-baru ini Bank Indonesia meluncurkan cetakan Uang Rupiah Baru. Ada 12 pahlawan Indonesia yang terpampang di 11 desain Uang Rupiah Baru serta 7 jenis tarian khas Indonesia yang terpampang di sisi lainnya. Selain itu yang gak kalah menarik, ada juga beberapa atraksi wisata yang muncul pada desain baru ini. Nah, berikut 7 destinasi wisata pada Rupiah baru yang wajib kamu kunjungi:

Foto: BI

1. Raja Ampat, Papua – Rp 100.000,00

Siapa yang tidak kenal Raja Ampat? Keindahan alam di bentang Papua Barat ini memang sudah tidak asing bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Ada 4 gugusan pulau di Raja Ampat ini, Pulau Waigeo, Pulau Misool (yang paling favorit saat ini), Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Untuk menuju Kepulauan Raja Ampat memang membutuhkan budget yang tidak sedikit. Tapi kalau udah tiba disana, semuanya akan terbayar lunas. Laut yang berwarna hijau tosca dan gugusan-gususan pulau yang menjulang membentuk sebuah pemandangan yang spektakuler, menjadikan Raja Ampat sebagai destinasi impian para travelers.

Foto: BI

2. Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo – Rp 50.000,00

Terletak di antara Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, taman nasional ini terdiri atas 3 pulau. Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Selain menjadi salah satu destinasi favorit pada tahun 2016, taman nasional ini memang diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Saat ini banyak sekali tour & travel yang menyediakan paket Open Trip ke Labuan Bajo. Karena itu banyak para pecinta traveling yang gak sungkan-sungkan melangkah melihat eksotisme keindahan Labuan Bajo.

Foto: BI

3. Derawan, Berau – Rp 20.000,00 

Ini dia destinasi jagoan dari Kalimantan Timur, Derawan. Dikenal dengan biota lautnya yang beraneka ragam, Derawan menjadi tempat yang bagus untuk wisata selam (diving). Di perairan sekitarnya juga terdapat taman laut yang menggoda untuk di telusuri.

Sekedar menyaksikan penyu bertelur sekaligus pelepasan anak penyu ke laut, bermain bersama ubur-ubur yang tidak beracun di Pulau Kakaban, atau menyelam bersama Pari Manta di Pulau Sangalaki.

Foto: BI

4. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara – Rp 10.000,00 

Salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Taman Nasional Wakatobi inilah yang paling diminati wisatawan. Banyak kegiatan yang bias dilakukan disini, wisata selam, snorkeling, berenang, dan juga menyaksikan macam-macam kebudayaan warga setempat.

Ada lebih dari 112 jenis karang, 93 jenis ikan, beberapa jenis burung laut, dan juga penyu yang dapat ditemui di kedalaman laut Taman Nasional Wakatobi. Bahkan jika beruntung, kita bisa melihat Ikan Paus Sperma yang berada di perairan Wakatobi ini.

Foto: BI

5. Bromo, Probolinggo – Rp 5.000,00 

Primadona dari tanah Jawa, Gunung Bromo, memang sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan. Gunung yang namanya diambil dari Bahasa Sanskerta ini, merupakan gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Dengan tinggi mencapai 2.3329 meter di atas permukaan laut, Bromo sangat-sangat bisa menarik minat wisatawan.

Akses yang semakin mudah, membuat para pecinta jalan tidak ragu melangkahkan kaki. Tersedia angkutan Jeep sebagai sarana transportasi menuju Bromo. Ada beberapa spot favorit para wisatawan jika berkunjung ke Gunung Bromo, spot sunrise dari puncak penanjakan dengan view kawah Bromo yang memukau, Lautan Pasir (atau biasanya disebut Pasir Berbisik) digunakan untuk bermain ski pasir atau pacu kuda, dan Bukit Teletubbies yang merupakan padang-savanah dikelilingi deretan perbukitan tempat foto yang Instagramable.

Foto: BI

6. Ngarai Sianok, Bukittinggi – Rp 2.000,00 

Menjadi objek wisata andalan di provinsi Sumatera Barat, Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi. Dengan kedalaman 100 meter, panjang kira-kira 15 kilo meter, lebar 200 meter, sering disebut sebagai Patahan Semangko.

Memang destinasi ini belum terlalu terkenal di mata para wisatawan, namun keindahan lembah hijau yang memanjakan mata tentu dapat menentramkan jiwa jika berada disana. Bukan hanya sekedar lembah hijau saja, di Ngarai Sianok juga terdapat Batang Sianok (sebuah sungai) yang bermuara di Samudera Hindia.

Foto: BI

7. Banda Naira, Maluku – Rp 1.000,00 

Pada pecahan uang Rupiah kertas yang terakhir, ada Banda Naira yang terpampang. Terbagi dalam 6 desa dan topografi yang cenderung datar, menjadikan Pulau Banda Naira berpotensi untuk didirikannya kota kecil. Sebagai satu-satunya sumber rempah-rempah yang bernilai tinggi, menjadikan Banda Naira sebagai pintu gerbang para penjajah dan menjadi pusat perdagangan di masa lalu.

Banda Naira menawarkan wisata yang sedikit berbeda. Selain adanya beberapa Pulau yang indah seperti, Pulau Nailaka dan Pulau Rhun, Banda Naira juga dikenal karena catatan sejarah Indonesia yang begitu mengagumkan. Ada Benteng Belgica yang dibangun pada masa penjajahan Belanda, berdiri dengan kokohnya dan kita bisa menikmati view yang luar biasa dari atas benteng ini. Ada pula pulau yang sangat menarik yaitu, Pulau Hatta. Kita bisa tetap berdiri memijak pasir yang berbatasan langsung dengan palung laut tanpa perlu takut seluruh badan akan basah.

Yep, itulah 7 Destinasi Wisata pada Rupiah Baru yang Patut Kamu Kunjungi. Semua destinasi diatas sangat-sangat menakjubkan. Membuat kita semakin cinta Indonesia. Diantara semua, Raja Ampat memang cocok ditempatkan pada uang pecahan Rp 100.000,00 Haha. Jadi, destinasi pada Rupiah Baru mana yang ingin kamu kunjungi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: