Rekomendasi Tempat Wisata di Nusa Penida

Rata-rata penduduk Indonesia pasti tau yang namanya Pulau Dewata – Provinsi Bali. Kuta, Seminyak, Badung, terdengar begitu familiar. Semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali membuktikan bahwa Bali memang patut menjadi salah satu kebanggaan Indonesia. Namun begitu, nyatanya banyak tempat wisata yang belum diketahui wisatawan. Salah satunya adalah Nusa Penida.

Nusa Penida merupakan salah satu gugusan pulau (read: nusa) yang terletak di tenggara Bali. Kesan pertama yang gue dapatkan ketika berkunjung ke Nusa Penida, tempat ini tidak seramai Kuta ataupun Seminyak. Bahkan, jarang sekali ditemukan petunjuk jalan untuk menuju ke tempat wisata. Well, usaha memang tidak pernah mengkhianati hasil. Sudah bersusah payah dalam perjalanan dan ketika sampai ditujuan, it’s worth it!! Priceless!! Unbelievable!!

Langsung aja deh. Berikut rekomendasi tempat wisata versi gue yang patut dikunjungi selama di Nusa Penida:

1. Kelingking Beach

ISAW0232

Seperti yang sudah gue bilang sebelumnya, di Nusa Penida ini jarang sekali petunjuk jalannya. Jadi buat yang punya waktu singkat untuk berkunjung, gue sarankan untuk memakai jasa tour guide biar gak buang waktu banyak. Yang mengejutkan, Pantai Kelingking ini ditemukan oleh turis asing loh. Ketika sampai di pantai ini, pemandangan yang luar biasa sudah memanjakan mata. Sayangnya, waktu itu gue gak sempat turun ke bibir pantai karna kondisi jalan yang licin.

2. Broken Beach / Pantai Pasih Uug

ISAW0243_1

Tidak jauh dari lokasi Pantai Kelingking, perjalanan sekitar 15 menit, Broken beach atau yang disebut warga setempat sebagai Pantai Pasih Uug ini menjadi tempat yang recommended. Ada sebuah mitos atau legenda tentang terbentuknya pantai ini. Konon ada sebuah keluarga yang melanggar janjinya lalu seketika tanah di tempat mereka berdiri longsor dan mereka pun terperosok tak ada yang selamat. Itulah sebabnya pantai ini terlihat rusak/bolong ditengahnya. Kita memang tidak bisa turun ke bibir pantai, namun selain pemandangannya yang bikin adem, di area Pantai Pasih Uug ini sering muncul penampakan Pari Manta jika air sedang surut dan jika kita beruntung.

3. Angel’s Billabong

Jpeg

Yess.. gak perlu jauh-jauh untuk menuju ke lokasi Angle’s Billabong ini (thanks to our tour guide). Cuma butuh 5 menit berjalan kaki dari Pantai Pasih Uug, kita bisa langsung basah-basahan disini. Untungnya datang pagi-pagi, tempatnya belum ramai pengunjung dan serasa pantai milik sendiri. hihihi. Kadang tiba-tiba muncul deburan ombak di ujung Angle’s Billabong ini. Jadi, tetap hati-hati ya..

4. Crystal Bay

JpegIni tempat wisata yang paling lama gue kunjungi. Kenapa tidak?! Selain menjadi tempat makan siang karna terdapat beberapa warung pinggir pantai, ketika mencoba mencelupkan diri ke air laut di Crystal Bay ini, rasanya gak mau cepat-cepat keluar dari air. Airnya jernih banget dan dingin. Tidak seperti air laut biasanya. Bikin betah deh berenang-renang di Crystal Bay ini, meskipun perjalanan yang ditempuh memang lumayan jauh.

5. Atuh Beach

ISAW0485

Waktu itu di hari berikutnya, pagi-pagi sekitar jam 6 pagi, langsung bergegas ke tempat selanjutnya. Destinasi kali ini adalah Atuh Beach. Cukup jauh untuk sampai di pantai ini, itu juga karena jalanannya yang rusak. Setelah kurang lebih 2 jam perjalanan, fiuhh, akhirnya sampailah di Atuh Beach. Yang bikin senang kalau datang pagi, pantai masih sepi dan surut. Jadi kita bisa jalan agak ke tengah pantai terus foto-foto deh. hehehe. Oiya, yang unik di Pantai Atuh ini, ada tebing yang mirip dengan sepatu. Tapi cuma sebelah, jangan-jangan itu sepatu Cinderella.

6. Guyangan Spring Water

ISAW0569_1Rekomendasi terakhir dari gue dan juga ini tempat favorit gue selama di Nusa Penida. Mata Air Guyangan. Dari Pantai Atuh jauh-jauhnya ampun-ampunan sih. Jalanan rusak, berliku-liku, tanjakan-turunan, agak pegel dan sampailah di Mata Air Guyangan ini. Tapi ternyata perjuangan gak cuma sampai disitu. Kita harus menuruni ratusan anak tangga untuk mencapai mata air yang ada dipinggir tebing itu. Itu semua terbayar ketika sampai di bawah. Ada sebuah kolam mata air dan kita bisa berendam di kolam itu sambil menikmati pemandangan yang luar biasa.

Nah, itulah tadi rekomendasi dari gue untuk kalian yang berencana datang ke Nusa Penida atau ada yang sudah pernah ke salah satu tempat tersebut? Kalau ada saran, share pengalaman, dan tanya-tanya please comment down below ya! Thanks for reading and keep traveling. Chao.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s